5:04 am - Saturday November 1, 2014

Sosis, Makanan Bergizi Yang Kadang Dibenci

Sunday, 29 August 2010, 14:43 | Artikel Terbaru, Gaya Hidup | Comments Off | 1215 Views
by admin

Sosis dagingSeiring kebutuhan masyarakat modern, berbagai makanan olahan saat ini telah banyak diproduksi, baik oleh pabrik ataupun perusahaan besar hingga industri rumahtangga. Termasuk makanan yang disebut sosis. Sosis merupakan produk makanan olahan dengan bahan utama daging atau ikan. Namun pengaruh komersial mendorong pembuatan sosis dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan tambahan yang perlu diwaspadai karena berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Dalam proses pembuatan sosis, bahan dasar berupa daging atau ikan dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam pembungkus. Dulu, pembungkus sosis menggunakan usus hewan sehingga menghasilkan bentuk khas bulat memanjang. Namun kini pembungkus sosis telah menggunakan bahan pengganti lainnya.

Ada banyak jenis sosis yang beredar dipasaran, seperti sosis segar, sosis masak, sosis fermentasi, ataupun sosis daging giling yang diasap. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan diversifikasi pangan, kini tidak sedikit sosis yang dibuat selain dengan daging atau ikan. Seperti menggunakan bahan kacang kedelai, tahu, tempe, ataupun campuran bahan-bahan nabati lainnya.

Namun untuk sosis yang banyak dijual di supermarket ataupun pasar tradisional umumnya menggunakan daging sebagai bahan utamanya, seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, termasuk menggunakan daging babi. Sedangkan dalam proses pembuatannya, bahan utama daging dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Bahan tambahan ini diperlukan agar daya tahan keawetannya lebih lama, lebih menarik, dan tentunya laku dibeli konsumen.

Bahan-bahan tambahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan sosis diantaranya adalah garam, fosfat, bahan pengawet seperti nitrat, bahan pewarna, asam askorbat, isolat protein, dan karbohidrat atau lemak. Penambahan lemak terutama untuk mencegah pengerutan protein dan menambah cita rasa. Garam dan fosfat digunakan agar daging lebih awet dan untuk mengembangkan protein, serta meningkatkan pengikatan air.

Sedangkan asam askorbat digunakan agar daging terlihat lebih memerah dan untuk mencegah pembusukan daging. Sedangkan untuk meningkatkan kandungan sosis, tak jarang ditambahkan karbohidrat dan isolat protein agar sosis lebih bergizi.

Penggunaan nitrat sebagai pengawet memang terbukti mampu mencegah perkembangan bakteri clostiridium botulinum penyebab keracunan makanan. Namun kajian lain juga menemukan bahwa bahan nitrat atau nitrit yang digunakan sebagai pengawet daging dapat membentuk nitrosamin yang bersifat toksik dan karsinogenik. Apabila bahan ini seringkali masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dimakan dalam rentang waktu yang lama, dikhawatirkan dapat menimbulkan kanker.

Umumnya sosis daging yang dijual dipasaran telah mengikuti aturan pemerintah yang telah menetapkan standar penggunaan jenis bahan pengawet dalam setiap proses produksi makanan. Namun konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet nitrit atau nitrat secara terus menerus dalam waktu lama, tentunya harus dihindari kalau Anda tidak ingin terkena kanker. Apalagi kanker bekerja dalam waktu lama dan kadang tidak terasa.

Selain itu, konsumsi bahan makanan yang terbuat dari daging juga harus dilakukan dengan hati-hati. Meskipun sosis daging mengandung gizi yang cukup tinggi, namun kandungan kolesterol dalam sosis yang cukup tinggi dapat mendorong terjadinya hipertensi. Apalagi kandungan garam dalam sosis juga terbilang tinggi. Jadi bijaklah memilih makanan yang dibutuhkan. (*)

Makanan bergizi untuk anak | keluarga sehat keluarga bahagia, Makanan apa yang bisa buat anak saya sehat dan bisa menambah berat badan bertambah tapi makananya harus sehat?????. Pemanfaatan bakteri pediococcus cerevisiae di bidang, B. pati kentang. pati (starch) merupakan zat tepung dari karbohidrat dengan suatu polimer senyawa glukosa yang terdiri dari dua komponen utama , yaitu. 10 bahan kimia makanan berbahaya - anneahira.com, Saat ini, banyak bahan kimia yang digunakan dalam proses pengolahan makanan. bahan kimia makanan tersebut ditambahkan untuk tujuan meningkatkan cita rasa, menambah.

Drh siti istiana wrote, Salah satu kendala dalam usaha pengembangan peternakan kambing di indonesia, khususnya di propinsi nanggroe aceh darussalam adalah penyakit yang disebabkan parasit. Akatsuki ners blogshare, Plebitis dapat menyebabkan trombus yang selanjutnya menjadi thromboplebitis, perjalanan penyakit ini biasanya jinak, tapi walaupun demikian jika thrombus terlepas dan. Program diet makanan nutrisi sehat alami tanpa efek, Pengalaman sebagai independent distributor herbalife yang sampai hari ini saya masih dengan enjoy menjalankan bisnis ini membuat saya sangat menghargai kesehatan..

Resep masakan - kumpulan resep masakan, makanan sehat dan, Resepmasakan.me adalah website yang menyediakan info lengkap tentang resep masakan dengan rincian informasi yang sangat lengkap, dari makanan sehat, makanan bayi. Oleh-oleh cirebon | blog tentang oleh-oleh khas cirebon, Blog tentang oleh-oleh khas cirebon mereka tidak sadar bahwa nilai produk mereka dapat bertambah berlipat-lipat jika membalutnya dengan kemasan yang menarik. Arif fadholi: zat warna makanan, Zat warna makanan i.pendahuluan penentuan mutu bahan makanan pada umumnya sangat bergantung pada beberapa factor diantaranya cita rasa, warna,tekstur,dan.

Tagged with: , , , , , ,