9:32 pm - Tuesday October 21, 2014

Mengatasi Diare Anak

Wednesday, 16 November 2011, 10:38 | Terapi Anak, Tips | Comments Off | 2104 Views
by admin

DeganDiare merupakan gejala umum yang terjadi saat kita salah makan.  Baik kesalahan itu menyangkut jenis makanan yang tidak higienis, terlalu pedas, makanan basi, ataupun menyangkut jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh yang terlalu banyak. Diare terjadi dalam bentuk BAB encer dan berlangsung lebih dari 3 kali sehari, baik dengan atau tanpa lendir.

Diare merupakan gejala terjadinya masalah dalam alat pencernaan, termasuk kemungkinan terjadinya infeksi pada pencernaan. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan toksik yang sudah cukup parah.

Pada diare kadang juga disertai dengan gejala muntah, baik sesudah atau sebelum terjadinya diare, sehingga dinamakan muntaber atau muntah dan berak.  Apabila diare disertai muntah, maka dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh). Baik dehidrasi  yang ringan, sedang, ataupun berat.

Untuk itu sejumlah langkah perlu dilakukan Ibu terhadap anaknya yang mengalami diare. Terutama untuk mengenali gejala diare yang terjadi pada anak, apakah tanpa dehidrasi atau dengan dehidrasi, baik yang ringan, sedang, ataupun berat.

  • Diare tanpa dehidrasi ditandai dengan sejumlah ciri, seperti secara umum kondisi tubuh maupun mata anak baik dan normal. Begitu juga kondisi mulut dan lidah terlihat basah, minum seperti biasa dan anak tidak mengalami kehausan.
  • Namun kalau diare disertai dehidrasi yang ringan atau sedang akan muncul tanda-tanda, seperti kondisi anak yang rewel dan gelisah, mata terlihat cekung, air mata tidak terlihat, mulut dan lidah kering, dan anak seperti kehausan dan ingin minum terus.
  • Sedangkan untuk diare yang disertai dehidrasi berat yang parah, akan memperlihatkan gejala, seperti anak mengalami lunglai dan lesu, bahkan tidak sadarkan diri. Begitu juga dengan mata terlihat sangat cekung dan kering, air mata tidak terlihat, mulut dan lidah terlihat sangat kering.  Pada kondisi ini anak sebenarnya kehausan namun mengalami kesulitan atau merasakan malas untuk minum.

Cara Penanganan

  1. Berikan air minum sebanyak mungkin, khususnya setiap habis BAB. Hal ini penting agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga dengan baik.
  2. Berikan madu yang dicampur air kelapa muda.
  3. Hentikan untuk sementara makanan yang masuk.
  4. Bila anak mengalami muntah, berikan air minum setelah muntah. Pemberian air minum dilakukan sebanyak 1-2 sendok makan dan ulangi terus setiap 3 menit sekali. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi.
  5. Lakukan kompres dengan air hangat di sekitar perut dan tulang belakang bagian bawah (diatas pantat). Lakukan pemijatan di sekitar tulang belakang bawah atau di bagian atas pantat anak untuk membantu mempercepat pemulihan.
  6. Apabila diare sudah agak teratasi, berikan makanan bubur encer yang dicampur madu.
  7. Namun apabila diare bertambah parah, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Penyebab & cara mengatasi diare pada anak, Diare pada anak merupakan gangguan kesehatan dan pencernaan yang memang kerap melanda anak-anak dan balita. setiap tahun, tedapat sekitar 1500 juta kejadian diare. Obat herbal alami untuk anak: cara aman mengatasi diare, Mengobati berbagai masalah penyakit yang diderita anak-anak kesayangan anda, selain di pakai untuk mengobati penyakit produk herbal yang kami punya ini adalah. Tips mengatasi diare pada bayi dan anak | catatan bunda naufa, Mengatasi diare pada bayi dan anak nggak harus pake antibiotik kimia. kalo ada obat alami, aman, hemat, kenapa milih yang mahal dan berisiko? baca tips bunda naufa di.

Penyakit diare, Penyebab penyakit diare dan pencegahannya, cara mengobati penyakit diare dan menyembuhkan penyakit diare. Cara cespleng atasi diare anak :: balita :: parenting.co.id ::, Ketika anak anda diare, seorang teman menganjurkan anda memberi diet brat (banana, rice, apple sauce, toast). benarkah ini cara penanganan yang paling tepat?. Obat diare tradisional, herbal & alami, Obat tradisional diare, untuk mengobati penyakit diare secara herbal dan alami.

Diare pada anak - majalahkesehatan.com - sumber informasi, Ibu nani sriwiyanti yang baik, memang benar, tidak semua diare pada anak memerlukan pemberian antibiotik. lacto b merupakan golongan “probiotik” atau “bakteri. Obat diare pada anak | keluarga kediri-imunisasi anak-susu, Sewaktu ocha diare dokter kami memberikan obat diare kaopectate, setelah kami search n googling ternyata disarankan utk tidak diberikan pada anak dibawah 3. Obat diare akut untuk anak | keluarga kediri-imunisasi, Pada saat anak (terutama bayi dan balita) terkena diare, orang tua pasti langsung panik. apalagi bila diare tersebut disertai mual dan muntah2, tidak ada.

Tagged with: ,