7:58 am - Saturday November 1, 2014

Kandungan Gizi Makanan

Wednesday, 28 July 2010, 23:47 | Terapi Alami | Comments Off | 2944 Views
by admin

Gizi Buah dan SyuranUntuk tetap hidup, manusia membutuhkan makanan. Namun tahukah Anda bahwa makanan tidak menjamin hidup seseorang. Makanan yang kita butuhkan bukan sekedar pelepas rasa lapar. Rasa lapar merupakan sinyal bahwa tubuh membutuhkan unsure-unsur yang dibutuhkan. Sebagian unsur-unsur itu memang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Namun sebagian besar lainnya tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Karena itu kandungan gizi yang terdapat dalam makanan menjadi snagat penting bagi kelangsungan hidup tubuh kita.

Oleh karena itu, kebutuhan makan harus dilakukan dengan memperhatikan kandungan yang terdapat dalam makanan. Makan sembarang makanan justru dapat mendekatkan kita dengan penyakit, dan sekaligus menghantarkan kita dengan kematian.

Kandungan gizi yang terdapat dalam makanan setidaknya dikelompokkan dalam 6 kelompok, yaitu :

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energy utama bagi tubuh. Terdapat 2 jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbihidrat sederhana. Karbohidrat kompleks terdiri dari polisakarida (pati, dekstrin, glikogen) dan serat. Serat sebenarnya merupakan jenis lain dari karbohidrat dan tidak dinamakan gizi karena tidak dicerna dan diserap oleh tubuh. Namun serat ini berperan cukup penting bagi kesehatan, terutama untuk membantu proses pencernaan dan memberikan perlindungan terhadap sejumlah jenis penyakit. Sedangkan karbohidrat sederhana terdiri dari monosakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa, pentose), disakarida (sukrosa, maltose, laktosa, trebalosa), gula alcohol (sorbitol, manitol, inositol), dan oligosakarida (rafinosa, stakiosa, verbaskosa, fruktan).

Lemak

Lemak juga menghasilkan energy bagi tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai alat transportasi zat gizi lainnya. Lemak dari dari asam lemak, baik yang bersifat jenuh maupun tidak jenuh. Tubuh kita tidak dapat membuat semua jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga membutuhkan masukan dari makanan. Lemak jenuh terdapat pada jenis makanan hewani. Namun makanan yang tinggi lemak jenuhnya dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung dan stroke. Sedangkan asam lemak tidak jenuh banyak terdapat pada makanan nabati, dan berfungsi sebagai komponen sel-sel syaraf, membran sel, dan untuk melindungi dari sejumlah jenis penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Protein

Protein berperan cukup vital sebagai bahan baku pembentuk sel dan jaringan tubuh. Protein juga berfungsi dalam proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Protein ini terdiri dari beberapa asam amino yang bekerja layaknya balok-balok bangunan yang membangun dan menjaga kokohnya jaringan tubuh. Protein dapat diubah menjadi energy bila tubuh kekurangan karbohidrat dan lemak. Apabila sudah berubah fungsi, maka kesediaan protein harus disuplai melalui makanan dalam bentuk asam amino esensial. Namun asam amino esensial tidak terdapat dalam satu jensi makanan, sehingga perlu didukung oleh jenis makanan lainnya agar kebutuhan asam amini dalam tubuh dapat terus terpenuhi secara lengkap.

Vitamin

Vitamin berperan sebagai pemicu dan pengatur berbagai proses dalam tubuh, terutama untuk mengawali reaksi kimia dalam sel-sel tubuh. Karena itu vitamin merupakan zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Masing-masing vitamin memainkan peran spesifik yang berbeda-beda, sehingga setiap jenis vitamin tidak dapat menggantikan fungsi vitamin lainnya.

Mineral

Mineral juga berperan sebagai pemicu setiap proses dalam tubuh dan memelihara fungsi sel, jaringan, maupun organ tubuh secara menyeluruh. Tubuh kita membutuhkan mineral dalam jumlah berbeda-beda. Ada yang harus terpenuhi dalam jumlah besar atau lebih besar dari 100 mg per hari, ada pula mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit seperti vitamin.

Air

Air dalam tubuh berperan untuk menghantarkan zat ke dalam sel serta membawa pergi limbah atau sampah yang dihasilkan setiap proses dalam tubuh. Air juga berperan menjaga dan mengatur suhu tubuh agar tetap normal. Sebanyak 70 persen dari berat tubuh adalah air.

Cara menyuburkan kandungan | makanan penyubur kandungan, Makanan penyubur kandungan amat diperlukan pada masa kehamilan agar kondisi janin dan ibu sehat, lantas makanan apa dan bagaimana cara menguatkan & menyuburkan. Jenis-jenis dan kandungan gizi jamur - anneahira.com, Kandungan gizi jamur yang meliputi karbohidrat dan berbagai mineral seperti kalsium, kalium, besi, fosfor, serta vitamin b dan c membuat makanan yang terbuat jamur. Kandungan gizi wortel - akar dan umbi, Wortel (daucus carota l.) merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang umumnya berwarna jingga kekuningan atau kuning kemerahan dengan tekstur yang menyerupai kayu..

Kandungan jeruk yang kaya gizi - anneahira.com, Kandungan jeruk ternyata tidak hanya mengandung vitamin c, tetapi juga mengandung flavanoid yang baik untuk tubuh. kandungan jeruk yang paling baik bisa kita dapatkan. Resep bubur - tips sehat | bayi | balita, Cara membuat aneka resep menu makanan bubur sehat bayi merawat memantau tumbuh kembang kesehatan bayi usia 1 tahun serta tips trik bayi sehat. Kandungan gizi nanas | ngobrol ngalor ngidul., Kenapa aku jadi terpikir untuk mencari info mengenai nanas dan kandungan gizi didalamnya? karena kemaren-kemaren waktu aku lagi asik makan nanas dikantor.

Ikan tuna - kandungan gizi ikan tuna - produk indonesia, Kandungan vitamin pada ikan tuna, terutama jenis sirip biru sangat tinggi, yaitu mencapai 2,183 iu. konsumsi 100 gram ikan tuna sirip biru cukup untuk. Pakan « ternak itik intensif, Salam kenal bpk.cipto… cara pemberian pakan pada ternak itik, tergantung dari umur itik yang dipelihara. di samping itu, nilai gizi yang terkandung dalam ransum. :: makanan pelancar asi :: gizi & kesehatan :: artikel, Beberapa jenis bahan makanan dipercaya bisa melancarkan asi. ada yang pahit, manis, gurih dan segar untuk ibu menyusui. agar asi lancar dan deras. pilih yang menurut.

Tagged with: , , , ,