12:20 pm - Thursday July 24, 2014

Herbal Makin Digemari

Sunday, 18 December 2011, 9:56 | Gaya Hidup | Comments Off | 931 Views
by admin

Obat herbal makin mendapat pengakuan dari masyarakat, pemerintah, dan kalangan akademisi. Dari hasil Susenas tahun 2007 menunjukkan bahwa sebanyak 65,01% penduduk lebih memilih pengobatan sendiri menggunakan obat dan 38,30% lainnya memilih menggunakan obat tradisional. Jika penduduk Indonesia diasumsikan sebanyak 220 juta jiwa, maka yang memilih menggunakan obat tradisional sebanyak kurang lebih 23,7 juta jiwa.

Dunia Kedokteran Indonesia secara perlahan mulai membuka diri menerima herbal sabagai pilihan untuk pengobatan, bukan sekadar sebagai pengobatan alternatif saja. Ini terbukti dengan berdirinya beberapa organisasi seperti Badan Kajian Kedokteran Tradisional dan Komplementer Ikatan Dokter Indonesia pada Muktamar IDI XXVII tahun 2009, Persatuan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), Persatuan Dokter Pengembangan Kesehatan Timur (PDPKT) dan beberapa organisasi sejenis lainnya.

Fenomena ini menunjukkan bahwa dunia kedokteran mulai melihat potensi yang besar dari pengobatan berbasis obat herbal. Ketergantungan masyarakat terhadap obat konvensional kedokteran diharapkan bisa secara pasti diganti dengan masuknya obat herbal. Saat ini ternyata 95% bahan baku obat konvensional masih di impor.

Belakangan, perkembangan bisnis pengobatan tradisional atau pengobatan alternatif demikian marak. Jumlah pelaku bisnis di bidang pengobatan tradisional ini tumbuh dengan sangat pesat. Tengok saja iklan yang tampil di berbagai media massa cetak. Dari tabloid, majalah, hingga surat kabar harian dipenuhi oleh iklan-iklan pengobatan alternatif. Baik yang berskala nasional maupun media lokal yang terbit di berbagai daerah.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) mencatat pesatnya perkembangan iklan yang dipasang para pelaku bisnis pengobatan alternatif sebagai sesuatu yang mencengangkan. Data PPPI tahun 2004 memperlihatkan bahwa belanja iklan bidang pengobatan tradisional menduduki posisi 11 dari 20 top belanja iklan secara nasional dengan jumlah mencapai Rp 121 bilion.

Rekor ini mengalami kenaikan pada tahun 2005 dengan posisi 8 besar dengan nilai belanja iklan mencapai Rp 136 bilion. Sebuah jumlah yang sangat fantastik.

Harus diakui, pesatnya pertumbuhan bisnis pengobatan tradisional atau alternatif tak luput dari perubahan paradigma global terhadap kebutuhan kesehatan yang aman dan relative murah. Masyarakat dunia pun lebih memilih untuk hidup sehat secara alami dengan kembali ke alam (back to nature).

Selain mengubah perilaku dan gaya hidupnya, masyarakat pun lebih memilih pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional dalam mencari kesembuhan terhadap penyakit yang dideritanya, tentunya dengan menghindari pengobatan modern yang cenderung makin mahal dan tidak aman akibat penggunaan bahan-bahan kimiawi. (*)

Buah kapel yang digemari putri keraton sejak jaman dulu, Sebuah ironi, pohon kepel yang sarat filosofi dan manfaat lagi digemari oleh para putri keraton justru pohon tersebut menjadi langka dan terancam punah lantaran. Khasiat tanaman herbal “tarum” - tips petani, Tarum (indigofera tinctora) ini kaya akan kandungan kimia seperti alkaloid, flavonoid, polifenol, dan saponin pada daun. senyawa saponin dan tanin terdapat pada bunga.. Budidaya kunyit makin menggiurkan (1) - kontan online, Kebutuhan bahan baku kunyit untuk industri jamu tradisional makin meningkat tiap tahun..

Informasi peluang usaha dan promosi bisnis umkm indonesia, Informasi peluang bisnis, peluang usaha, usaha kecil menengah, bisnis waralaba, promosi bisnis umkm, potensi bisnis daerah. Mengenal efek samping bawang putih mentah - akar dan umbi, Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digemari karena rasanya yang cukup lezat. bisa dipastikan hampir di semua. Foredi | produk pria dewasa tahan lama rekomendasi boyke, Foredi untuk pria agar tahan lama intim dengan pasangan, foredi obat ejakulasi dini, rekomendasi boyke ada dan bisa anda beli disini.

Sehat dua | tips kesehatan, Gas memang normal, namun gas yang disertai dengan pembengkakan pada perut, demam, mual dan muntah mungkin bisa menjadi tanda-tanda dari pankreatitis.. Panduan lengkap mendaki gunung (bag.1 -insya allah) | abu, Mengapa mendaki gunung? bagi orang awam, kiprah petualang seperti pendaki gunung selalu mengundang pertanyaan klise : mau apa sih ke sana ?. pertanyaan. Paty's kitchen: the making of german black forest cake, Paty's kitchen - cook with passion. georgetown, penang, malaysia a hr practitioner by profession, a mother of four lovely daughter and a son, a sister of 5.

Tagged with: , ,