2:03 pm - Friday October 31, 2014

Hati-hati dengan Makanan Kemasan

Saturday, 12 November 2011, 8:25 | Gaya Hidup | Comments Off | 2524 Views
by admin

makanan kemasanPerkembangan industri modern belakangan ini berlangsung demikian pesat. Begitu juga dengan industri yang memproduksi makanan dan minuman.  Tengok saja mall, supermarket hingga warung pinggir jalan yang memajang berbagai macam makanan dan minuman dalam kemasan yang sangat menarik. Dari jenis minuman soft drink hingga pasta, dari ayam goreng cepat saji hingga beragam jenis junk food.  Makanan tak lagi sekedar soal gizi, tapi juga menyangkut masalah selera dan kemasan.

Teknologi pengolahan makanan harus diakui sebagai faktor yang mendorong pesatnya produksi berbagai makanan dan minuman dalam kemasan. Termasuk didalamnya menyangkut teknologi penyimpanan dan bahan-bahan tambahan makanan. Sehingga makanan yang  diproduksi  tidak rusak dan bisa tahan lama hingga ke tangan konsumen.  Konsumen pun dapat memilih dengan bebas makanan dan minuman yang diinginkan tanpa terkendala soal musim.

Bahan tambahan makanan yang digunakan dalam produksi makanan dan minuman kemasan memang merupakan terobosan akibat terbatasnya “masa pakai” sejumlah bahan makanan. Buah dan sayuran yang telah masak, tak akan bertahan lebih dari sebulan. Begitu juga dengan daging dan produk hewani lainnya. Dengan bahan tambahan makanan inilah berbagai bahan makanan dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Selain untuk mengawetkan, bahan tambahan makanan juga digunakan untuk memberikan nilai tambah bagi produk makanan dan minuman yang dihasilkan. Seperti warnanya yang lebih cerah, aroma lebih harum, serta penampilannya yang juga menarik.  Bahan tambahan makanan ini juga dapat mengatasi serangan jamur dan bakteri yang sering menyerang makanan atau minuman yang tidak melalui proses teknologi pengolahan modern.

Memang cukup banyak manfaat yang dirasakan konsumen dengan adanya makanan dan minuman dalam kemasan.  Namun dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang diproduksi dalam bentuk kemasan, Anda perlu memperhatikan berbagai hal agar tidak malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Ada sejumlah pendapat yang mengkhawatirkan terjadinya penyakit kanker sebagai dampak mengkonsumsi produk kemasan.  Pendapat ini agak sulit dibuktikan kebenarannya karena penyebab kanker relatif kompleks. Kanker bisa dikarenakan faktor lingkungan, seperti polusi, asap rokok, sinar ultraviolet, serta penyabab lainnya. Lagi pula, perkembangan kanker dalam tubuh berlangsung sangat lambat sehingga tidak membuktikan secara langsung penyebab penyakit kanker.

Beberapa penelitian memang pernah menemukan bahwa bahan sakarin pada produk makanan dan minuman dalam kemasan memang bersifat racun ketika diujicoba pada hewan yang sedang hamil. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) pada bumbu masak juga ditemukan membawa dampak cacat pada anak ayam dan tikus percobaan. Namun ketika bahan itu dicoba pada hewan percobaan lainnya tidak membawa dampak apapun.

Pemanfaatan bahan pengawet yang banyak digunakan di Indonesia diantaranya adalah nitrit, sulfit, BHA, BHT, dan benzoat.  Memang belum ada penelitian yang memperlihatkan dampak buruk secara langsung dari penggunaan bahan-bahan tersebut.  Namun sejumlah kajian juga menemukan bahwa pekaian yang lama dan berlangsung terus menerus, dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Banyaknya perdebatan tentang bahaya bahan-bahan tambahan itu mendorong sejumlah industri menghasilkan produk sejenis tanpa bahan pengawet apapun namun dengan masa penyimpanan yang masih relatif lama.

Bahan pengawet sulfit memberikan dampak sesak nafas, gatal-gatal, dan bengkak pada penderita asma. Sejumlah ahli gizi juga menemukan bahwa penggunaan BHA dan BHT menyebabkan terjadinya penyimpangan kromosom sel, terutama bagi orang-orang yang alergi dengan aspirin.  Begitu juga dengan zat nitri dan nitrat yang sering digunakan untuk mengawetkan daging agak berbahaya bila tertelan langsung ke dalam tubuh. Kasus keracunan biskuit sekitar tahun 1990 yang menyebabkan puluhan jiwa meninggal dunia membuktikan adanya zat natrium nitrat yang dicampurkan pada roti tersebut.

Selain itu, proses pembuatan makanan dan minuman dalam kemasan sebenarnya juga mengurangi sejumlah kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Faktor pemampatan dengan wadah kaleng tak ubahnya seperti proses pemanasan makanan layaknya memasak yang dapat menghancurkan sejumlah kandungan gizi.  Sehingga meskipun kajian maupun penelitian tidak banyak menemukan dampak negatif dari produk makanan dan minuman dalam kemasan, namun kualitas kandungan gizinya tentunya tidak sebaik makanan dan minuman segar yang diperoleh dari pohonnya. Karena itu, seperti kata orang bijak, ambilah manfaat sesuatu itu langsung dari sumbernya. (*)

Hati-hati dengan bahaya plastik! pelajari sebelum, Sudah banyak orang yang memberi peringatan, rumor, gosip bahkan artikel majalah tentang bahaya plastik. tetapi tetap saja hanya segelintir orang yang menggubris. Cetak dus box kemasan makanan corrugated packaging, Besar atau kecilnya suatu perusahaan pasti menggunakan strategi untuk bisa sukses dan dapat bersaing dengan pengusaha lainnya. pada artikel kali ini penulis …. Kode babi dalam makanan kemasan | the jasmine times, Kompaknya hanya kalau mau perang saja. tirulah orang yahudi. mereka jg tdk makan babi. tapi gak pernah sok suci! kalau ada makanan mengandung babi ya gak.

Box makanan | cetak dus box kemasan makanan corrugated, Percetakan jakarta surya mas grafika melayani jasa percetakan box makanan/ dus makanan. box makanan merupakan jenis kemasan yang biasa terbuat dari bahan kertas ivory.. Kode babi pada makanan kemasan (termasuk dalam es krim, Akhi lebel makanan itu sekarang yang mengeluarkan sertifikasi adalah departemen kesehatan karena ini sudah diteliti oleh pakarnya yakni seorang misionaris. Tempatnya nugget ikan dan perkedel ikan home made, Kami adalah rumah yang memproduksi nugget salmon dan nugget ikan secara home made, dengan citarasa ikan asli tanpa penambahan bahan pengawet, non msg, serta dijamin.

Detik food - detikfood, Detik food - detikfood. Forum makanan halal batam | just another wordpress.com weblog, Just another wordpress.com weblog (oleh tanty) sehubungan dengan semakin maraknya pemberitaan mengenai kandungan e471 pada luwak white koffie, maka untuk. Resep makanan bayi mulai 6 bulan: tim saring daging, Artikel yang berhubungan:resep makanan bayi mulai 6 bulan: tim saring ati sapi resep makanan bayi mulai 6 bulan: tim saring ayam dan keju resep makanan bayi:.

Tagged with: , , , ,