2:58 am - Thursday October 23, 2014

80 Persen Ibu Gagal Beri ASI

Thursday, 30 June 2011, 3:38 | Perilaku Sehat | Comments Off | 1121 Views
by admin

gagal ASITidak setiap ibu yang baru saja melahirkan dapat memberikan ASI untuk buah hatinya. Bahkan fakta menyebutkan, sekitar 80 persen ibu melahirkan ternyata gagal menyusui bayinya. Sebagian besar kasus ini terjadi karena pengaruh faktor psikologis yang tidak ringan dialami ibu usai melahirkan.

Fakta ini merupakan temuan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang cukup mengejutkan. Kegagalan ibu dalam memberikan ASI akan sangat berpengaruh terhadap buah hatinya, baik menyangkut daya tahan tubuhnya, pengembangan potensinya, dan seluruh tumbuh kembang anakpun bisa tidak akan optimal.

Semua kita tahu bahwa air susu ibu (ASI) diakui memang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Namun masalah ASI ternyata tidak semudah teorinya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memang merekomendasikan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Menteri Kesehatan juga menyerukan agar ASI diberikan kepada bayi setidaknya hingga umur 6 bulan.

Namun kenyataan menemukan tidak mudah bagi ibu yang baru melahirkan langsung bisa menyusui bayinya. Banyak ibu yang mengeluhkan air susunya tidak keluar ketika menyusui.

Kegagalan menyusui ini kebanyakan disebabkan faktor psikologis, dan bukan fisik. Seorang ibu yang baru melahirkan membutuhkan waktu untuk rileks dan menenangkan jiwanya usai perjuangan keras saat melahirkan.

Untuk itu, suami atau keluarga harus ikut berperan dalam membuat suasana dan dukungan yang dapat memberikan kenyamanan untuk sang ibu. Menyusui atau memberikan susu ASI adalah kerja tim rumah tangga dan keluarga untuk menghasilkan anak-anak yang sehat, berkualitas, dan berkembang optimal. (*)

Detikhealth : tetap sehat dimanapun, Detik.com situs warta era digital selasa, 14/10/2014 16:01 wib diet experience wah, olahraga dan setop makan gorengan bikin bobot jimmy turun 50 kg!. Masalah-masalah asi | keluarga sehat keluarga bahagia, 9 problema menyusui tahukah ibu, kapan menyusui harus dilakukan pertama kali? “saya bahagia punya bayi. saya ingin sekali menyusuinya sampai usia. Detikhealth : tetap sehat dimanapun, Detik.com situs warta era digital selasa, 14/10/2014 18:00 wib wow, di swedia bisa bayar belanjaan hanya pakai telapak tangan.

Cara memijat dan menstimulasi agar asi optimal, Menilik dari beberapa pertanyaan dari email tentang kesulitan pengeluaran asi setelah melahirkan dan bagaimana agar asi keluar secara optimal, berikut. Info kesehatan, 1. masalah menyusui masa antenatal a. kurang atau salah informasi banyak ibu yang merasa bahwa susu formula itu sama baiknya atau malah lebih baik dari asi sehingga. Pentingnya imunisasi tetanus toxoid bagi ibu hamil, Mengapa ibu hamil dianjurkan untuk imunisasi tt(tetanus toxoid)? ya! untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi yang akan dilahirkan !. jadi para bumil.

Ragam susu formula bayi dan peruntukkannya | breastfeeding, Dok, anak saya skr umur 8 bln. masih full asi dan sedang mencoba susu formula tapi belum ada yg cocok karna bayi tidak bisa lepas dari asi, sedangkan produksi asi. [cerita menyentuh hati] ibu, maafkan aku…!!! | ekojuli, Maafkan aku…!!! subhanallah… begitu besar pengorbanan seorang ibu… jujur saya suka baca cerita soal ibu tapi saya baru baca cerita yang sangat. Serba serbi buang air besar (bab) pada bayi asi | all, Mbak… saya mau tanya, anak saya (4.5 bln) jarang bab sejak dia berusia 2 bulan. sampai saat ini saya masih memberikan asi eksklusif. pada saat pertama.

Tagged with: ,